Resep dan Cara Membuat Kue Kamir Khas Pemalang

Kue Kamir (khamir) merupakan salah satu kue tradisional sajian khas pemalang memiliki rasa empuk dan manis. Menurut cerita asal usul dari kue kamir pemalang ini pertama kali nya dibuat orang arab jadi dikenal kue kamir arab. Nah, Bentuk kue kamir ini bundar dan juga pipih mirip serabi ataupun kue doreyaki yang merupakan kue tradisional jepang.

Dan Kue kamir dibuat memakai bahan dari tepung terigu, mentega, gula, serta telur. Adonannya sendiri sering dicampur tape singkong maupun pisang ambon buat memperkaya rasanya. Disamping itu kue kamir umumnya di variasikan berbagai aneka isi misalnya seperti cokelat, selai, maupun keju.

Kue yang empuk ini dengan mudah ditemui sepanjang pinggir jalan kota pemalang & daerah sekitarnya. Buat anda yang mau membuat kue kamir, bisa coba membuat sendiri di rumah. Karena pembuatannya cukup mudah.

resep cara membuat kue kamir khamir kelapa arab turki kentang ncc khas pemalang tanpa tape


Resep Kue Kamir Arab Tradisional Khas Pemalang


Bahan:

1/2 kg Tepung terigu
Telur 2 butir
Ragi Instan 1 sdt
Gula pasir 40 ons
Air 250 cc
Garam secukupnya
Soda kue 1 sdt
Vanili bubuk 1/2 sdt
1/2 ons Tape singkong ( buanglah seratnya )

Cara membuat Kue Kamir khas pemalang

  1. Kocoklah telur kemudian masukkanlah gula pasir, ragi instan, soda kue, vanilli bubuk dan juga tape singkong. Tambahkanlah tepung terigu sedikit-sedikit aduklah sampai tercampur dengan rata memakai tangan.
  2. Sesudah adonan merata barulah kemudian tambahkanlah air sedikit-sedikit sambil juga diaduk sampai memperoleh adonan kue dengan kekentalan yang dirasa pas. Janganlah terlalu encer supaya tak luber serta janganlah terlalu pekat supaya tak bantat
  3. Pukul-pukul adonan supaya udara didalamnya yang terperangkap keluar. Tutup lah adonan kue kamir dengan memakai kain bersih lantas biarkanlah semalaman atau pling tidak 10 jam.
  4. Sesudah 10 jam siapkanlah cetakan kue kamir olesilah dengan memakai margarin lantas tuangkanlah 1 sendok sayur dari adonan kue kamir dalam cetakan.
  5. Pangganglah dengan api kecil, ketika bagian bawah sudah tampak mengeras dan juga mengeluarkan gelembung balik lah kue kamir memakai spatula ataupun sendok.
  6. Supaya kamir tebal adonan janganlah ditekan namun biarkanlah saja hingga kue kamir matang sendiri. Angkat, Lakukanlah proses pemanggangan hingga semua adonan habis.
  7. Sajikanlah kue kamir selagi masih hangat pasti rasanya enak

Baca juga : kue lapis legit

Demikianlah resep dan cara membuat kue kamir arab/turki khas pemalang. Sajian ini pas bila disajikan cemilan keluarga terlebih saat cuaca dingin, sepotong kue kalau ditemani secangkir minuman yang hangat akan lebih terasa istimewa.
Suka artikel ini ?

About Admin

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan